BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Nasional Demokrat Bisa Saja Jadi Parpol

Nasional Demokrat Bisa Saja Jadi Parpol

Written By gusdurian on Senin, 11 April 2011 | 15.08

Apakah Nasional Demokrat (Nasdem) merupakan cikal-bakal sebuah partai politik baru di Indonesia?
Bisa ya, bisa tidak. Belum atau tidak maksudnya adalah kami saat ini masih sebagai sebuah organisasi masyarakat. Organisasi yang tumbuh dan hadir di tengah masyarakat. Tapi bisa ya, apabila ada keinginan dari anggota untuk mengubah menjadi sebuah partai. Tapi, sebagai Ketua Umum, saya tegaskan jika sampai saat ini Nasdem tetap menjadi sebuah ormas.

Tapi, apakah sudah ada keinginan dari anggota untuk menjadi sebuah partai?
Seperti yang dikemukakan, Nasdem hingga saat ini tetap menjadi sebuah organisasi masyarakat yang hadir untuk mengembalikan nilai-nilai dan landasan kebangsaan. Kami membawa semangat rasa kecintaan terhadap kebangsaan. Ini yang kami maksudkan dengan restorasi. Restorasi untuk mengembalikan semangat kebangsaan dan landasan berbangsa yang kini makin menjauh dari tujuan awal, yang dibawa para pendiri bangsa.
Kita lihat saat ini, bangsa telah menjauh dari cita-citanya. Telah terjadi defisiasi akan sebuah ideologi dan konstitusi. Orang kini sudah mempertanyakan apa itu ideologi. Sudah terjadi sikap masa bodoh dan apatis. Ini tentunya yang tidak kita hendaki.

Jadi, kondisi berbangsa saat ini telah membahayakan?
Saat ini masih dalam tahap mengkhawatirkan yang bila di biarkan bisa jadi membahayakan.
Atas hal itu, kita kini dihadapkan pada dua pilihan. Mau tetap apatis pada keadaan atau bergerak untuk mengubah. Tentunya kita mana sampai hati membiarkan kondisi seperti itu (defisiasi akan ideologi dan demoralisasi bangsa) terjadi. Kita tidak bisa membiarkan bangsa ini kehilangan harkat. Kita harus bangkit! Bangkit! Masih ada harapan.
Kita harus bangkit dengan mengedepankan keyakinan spiritual, moral, dan kejujuran.

Perlu ada perubahan?
Tentunya. Efektifnya perubahan dari segala segmen harus terjadi. Efektifnya perubahan harus terjadi dari atas. Masyarakat perlu panutan. Perubahan dari atas bisa mempercepat perubahan di level masyarakat bawah. Mereka para pemuka agama, pejabat, politisi, aparat harus memberi pa nutan. Harus jadi contoh bagi masyarakat. Kedudukan dan keilmuan mereka harusnya menjadi amanah yang ditunaikan kepada masyarakat. Apabila itu dilakukan, insya Allah akan memberikan teladan yang baik dan mampu mengubah masyarakat.

Bentuk tindakan Nasdem untuk mengubah keadaan saat ini?
Kita tentunya bukan sebuah lembaga yang bisa langsung melakukan perubahan. Kita tidak punya wewenang untuk mengubah undang-undang. Jadi, kita sampai saat ini mendorong kepada semua pihak yang memiliki kewenangan untuk bertindak, berbuat demi kepentingan rakyat. Kami dalam tahap memberikan dukungan moral akan terjadinya perubahan.
Kita memberikan dukungan moral pada setiap pihak yang bertindak demi kepentingan rakyat.

Nasdem dan Islam?
Islam tentunya suatu kekuatan, inspirasi, dan sumber yang sangat mengagumkan. Pandangan ini bukan karena saya sebagai pemeluk Muslim, tapi memang ajaran Islam jika ditetapkan secara benar, dapat menjadi sebuah gagasan. Intinya Islam dapat menjadi penggerak utama, tapi juga dapat menjadi penghambat utama. Islam dapat jadi penghambat jika ada oknum yang menjalankan ajaran dengan menjauhi nilai kesalehan. Jadi, bukannya membangun malah menghancur. Tapi, Islam pada dasarnya merupakan ajaran yang rahmatan lil alamin.

http://republika.pressmart.com/PUBLICATIONS/RP/RP/2011/04/07/ArticleHtmls/Surya-Paloh-Ketua-Umum-Nasdem-Nasional-Demokrat-Bisa-07042011004030.shtml?Mode=1
Share this article :

0 komentar: