BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Demonstran UI Belain Dipo Imbau Teve Jangan jadi Propagandis Politik

Demonstran UI Belain Dipo Imbau Teve Jangan jadi Propagandis Politik

Written By gusdurian on Sabtu, 12 Maret 2011 | 15.49

Laporan: Feril Nawali


RMOL. Sekalipun peristiwa saling cerca antara Sekertaris Kabinet Dipo Alam dan dua stasiun teve, TV One dan Metro Teve sudah lewat, isunya seperti tak pernah berhenti di lansir. Menanggapi itu, salah satu aktivis peristiwa Malari 1974, Bambang Sulistomo, berharap pers tidak terjebak menjadi alat propagandis politik.

‘’Kita dukung pers jadi alat mencerdaskan rakyat yang bersifat kritis, bukan propagandis politik yang bikin situasi tidak nyaman,’’ kata Bambang yang juga pimpinan Lembaga Pengkajian Sosial Politik dan Ketahanan Nasional (LPSPKN) ketika dijumpai di Batam, Jumat (11/3).

Menurut Bambang, jika orang dengan ekstrimnya secara bebas memaki-maki pemerintah, mestinya bisa mengerti jika Dipo pun lewat caranya yang oleh sebagian orang dipersepsikan ekstrim untuk membela pemerintah. ‘’Selama ini jika terjadi permasalahan berkaitan kehidupan pers, diselesaikan lewat UU pokok pers dimana Dewan Pers memegang peranan. Jadi, kita mesti proporsional. Hanya saja, jangan justru media terjebak jadi propagandis politik seperti berita yang dilansir koran Australia The Age,’’ ulasnya.

Bambang dikenal juga duet Dipo Alam (saat itu Ketua Dewan Mahasiswa UI) lewat petisi Bambang-Dipo di tahun 1977 mengusung Almarhum Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin sebagai calon presiden, berharap semua pihak kembali memegang etika dan moral politik dengan tidak menghalalkan segala cara lewat pemutarbalikkan fakta.

‘’Ini penting, lihat saja terlalu banyak peristiwa yang mesti dikonfirmasi akurasinya, tapi diambil alih seolah-olah begitu kejadiannya sebagai propaganda politik yang meracuni di dalam negeri,’’ kecamnya. Padahal, lanjut putera pahlawan nasional Bung Tomo itu, banyak agenda bangsa yang mesti diselesaikan lewat mobilisasi dukungan dari berbagai kalangan. [FN]

http://www.rakyatmerdeka.co.id/news.php?id=20797
Share this article :

0 komentar: