BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Bekas Presiden Korsel Serahkan Harta ke Rakyat

Bekas Presiden Korsel Serahkan Harta ke Rakyat

Written By gusdurian on Minggu, 09 Januari 2011 | 12.38

RMOL. Bekas Presiden Korea Selatan (Korsel) Kim Young-sam tidak
berniat mengumpulkan kekayaan atau mewariskan hartanya kepada anak-
anaknya. Kim lebih me­mi­lih menyumbangkan seluruh hartanya kepada
rakyat.

Menurut Kim, dia tidak akan hidup lebih lama lagi dan keka­yaannya
tidak akan dia bawa ma­ti. Itulah sebabnya dia ingin mem­berikan semua
asetnya kepa­da masyarakat.

“Semuanya selesai ketika kau mati. Kau tidak akan dapat hidup se­
lamanya,” ujar Kim, Rabu (5/1).

Kim tidak memberikan rincian mengenai sumbangan yang akan dia berikan.
Namun, salah satu pegawai Kim mengatakan, dia akan memberikan
kediamannya di Seoul dan di Pulau Geoje ke­pada organisasi non pe­me­
rintah yang dia dirikan.

Pegawai yang tidak ingin dise­butkan namanya ini juga me­nga­takan,
rumah kelahiran Kim yang juga terletak di pulau Geoje akan di­berikan
kepada pemerintahan lokal pulau tersebut. Diper­ki­ra­kan semua aset
yang disum­bang­kan Kim senilai lima miliar won atau sekitar Rp 39,5
miliar.

Kim ingin semua harta ini diberikan semua untuk kepen­tingan
masyarakat, dia bahkan ti­dak memberikannya kepada anak-anaknya.
“Tidak perlu mem­berikan harta kepada anak-anak saya, saya pikir yang
terbaik adalah memberikannya kembali kepada masyarakat,” ujar Kim.

Bekas itu pernah memimpin Korsel sebagai presiden selama 1993 hingga
1998. Kim mencatat sejarah sebagai warga sipil per­tama yang menjadi
presiden se­telah Korsel diperintah junta militer selama puluhan
tahun.

Selain Kim Young-sam, pada 2009 Presiden Korsel saat ini, Lee Myung-
bak menyatakan akan menyumbangkan seluruh kekayaannya setelah dia meng­
akhiri jabatannya.

Harta kekayaan Lee yang di­per­kirakan sebesar 33,1 miliar won atau
sekitar Rp 260 miliar akan digunakan untuk program beasiswa pemuda.
“Semua keun­tungan saya, yang saya kum­pul­kan melalui kerja keras
seumur hidup, sangat berharga bagi saya. Saya telah lama
memikirkannya, bahwa sangat bagus jika keka­yaan saya digunakan dengan
cara yang baik untuk masyarakat,” ujar Lee. [RM]

http://internasional.rakyatmerdeka.co.id/news.php?id=14242
Share this article :

0 komentar: