BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Kongres Dipercepat Itu Dimungkinkan

Kongres Dipercepat Itu Dimungkinkan

Written By gusdurian on Jumat, 19 Juni 2009 | 12.53

*Soetrisno Bachir: *
Kongres Dipercepat Itu Dimungkinkan

SEBULAN lebih misteri seputar Soetrisno Bachir, 52 tahun, tak terjawab.
Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu semula mendukung Prabowo Subianto
menjadi calon presiden. Namun Ketua Dewan Pertimbangan Partai Amien Rais
menghendaki PAN menyokong Susilo Bambang Yudhoyono. Ketika Yudhoyono
akhirnya memilih mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono sebagai calon
wakil presiden, Amien Rais ngambek. Amien semula mengajukan kader PAN
sekaligus Menteri-Sekretaris Negara Hatta Rajasa sebagai calon
pendamping Yudhoyono. Sebaliknya, Soetrisno malah merapat ke Yudhoyono.

Berpuluh lembar berita telah ditulis wartawan sejak awal Mei lalu soal
sengkarut ini, tapi Soetrisno memilih tutup mulut. Rabu pekan lalu, ia
akhirnya mau membuka plester di bibir. Di sebuah restoran di Kemang,
Jakarta Selatan, ia menjawab pertanyaan Budi Riza dan Wahyu Dhyatmika
dari Tempo.

*Mengapa akhirnya Anda merapat ke Partai Demokrat? *

Saya melihat Partai Demokrat adalah partai reformasi: yang
diperjuangkan adalah agenda reformasi, civil society, dan antikorupsi.

*Amien Rais menuding calon wakil presiden Boediono penganut
neoliberalisme? *

Saya melihat sisi positif. Boediono, yang dituduh neolib, punya
modal sosial kuat, orangnya sederhana, enggak korup, egaliter, dan
enggak arogan. Nah, tuduhan itu yang harus dibantah. Saya melihat
statemen yang dikeluarkan Boediono membantah itu semua. Ya,
mudah-mudahan saja benar. Kalau enggak benar, mungkin sekarang dia
harus kembali ke jalan yang benar. Sekarang terbukti neoliberalisme
yang dimotori Amerika dan Inggris itu gagal.

*Anda meneken kesepakatan berkoalisi dengan Partai Demokrat empat jam
setelah Yudhoyono mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum. Anda mau meneken
setelah ditelepon Yudhoyono? *

Enggak. Pak SBY menelepon justru untuk mengucapkan terima kasih
karena saya bersedia menandatangani dukungan kepada SBY-Boediono.
SBY juga mengundang saya hadir untuk acara di Cikeas dan di Komisi
Pemilihan Umum. Saya katakan lain waktu saja karena perlu timing
yang tepat.

*Waktu itu pakta kesepakatan koalisi dibawa Ketua Partai Demokrat Anas
Urbaningrum? *

Iya, iya.

*Sudah ada komitmen soal dana dari tim kampanye SBY? *

Ketua umum maqom-nya bukan soal dana.

*Ada kabar, PAN dijanjikan empat kursi: dua untuk kubu Amien Rais, dua
untuk kubu Anda? *

Saya juga mendengar rumor itu. Saya tidak mau merespons karena saya
enggak mau ada kubu-kubuan di PAN. Penjatahan itu memberikan kesan
partai dipecah belah dari luar.

*Kabarnya, dengan mendukung Yudhoyono, bisnis Anda akan difasilitasi? *

Saya yang dibantu atau yang membantu? Biasanya yang membantu itu
lebih besar. Apakah SBY cukup besar? Anda minta konfirmasi saja
kepada yang memberikan informasi itu.

*Anda berselisih paham dengan Amien Rais. Anda menantang? *

Persepsi media sering tidak cocok dengan kenyataan. Di media itu
disebutkan seolah-olah saya mbalelo, padahal enggak. Apakah tidak
menandatangani hasil rapat kerja nasional itu mbalelo? Mbalelo itu
kan melawan perintah kebenaran dan kebaikan. Justru saya tidak
menandatangani itu karena saya meyakini kebenaran.

*Bagaimana komunikasi Anda dengan Amien Rais sekarang? *

Hubungan saya dengan Pak Amien sudah lama. Jadi komunikasi dengan
beliau tidak mesti fisik. Per telepon saja bisa. Untuk saya,
hubungan itu sudah tingkatan batin. Orang-orang sufi bisa
berkomunikasi melalui batin.

*Kabarnya, Hanafi Rais, putra Amien Rais, turun tangan menjembatani
komunikasi Anda dengan ayahnya? *

Wah, enggak ada itu. Hanafi memang sering kirim pesan pendek. Tapi
saya enggak hafal. Hanafi itu seperti adik saya. Sewaktu saya maju
sebagai calon Ketua Umum PAN, dia anggota tim sukses.

*Kabarnya, kongres nasional untuk menggusur Anda akan dipercepat dari
tahun depan menjadi tahun ini? *

Saya tidak melihat ada rencana itu. Yang saya dengar, ada
pertemuan-pertemuan PAN di daerah untuk mensosialisasi pemilu,
menyiapkan buklet, kaus, panggung, dan acara hiburan. Tapi, kalau
kongres mau dipercepat, itu dimungkinkan.

*Anda setuju kongres dipercepat? *

Saya katakan itu biasa saja. Saya belum melihat indikasi ke situ.

http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2009/06/08/NAS/mbm.20090608.NAS130550.id.html
Share this article :

0 komentar: