BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Hasil Hitung Cepat Ditayangkan di Internet

Hasil Hitung Cepat Ditayangkan di Internet

Written By gusdurian on Jumat, 13 Maret 2009 | 14.48

Hasil Hitung Cepat Ditayangkan di Internet
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menampilkan hasil penghitungan cepat melalui Internet. Ketua Komisi Pemilihan Umum Abdul Hafiz Anshary mengatakan penghitungan cepat diharapkan bisa membuat mengetahui langsung perkembangan dan hasil penghitungan suara.

"Kalau menunggu hasil penghitungan manual, tentu terlalu lama," kata Hafiz saat penandatanganan nota kesepahaman dengan BPPT di kantor KPU, Jakarta kemarin.

Menurut Hafiz, tingkat akurasi penghitungan cepat (quick count) versi KPU tergolong tinggi. Pasalnya, hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara akan dipindai di KPU tingkat kabupaten dan kota. "Kecil kemungkinan terjadi kekeliruan," kata dia.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Marzan Aziz Iskandar mengatakan lembaganya akan membantu proses pemasukan data hingga penayangan di Internet. BPPT juga akan membantu menyusun rancangan teknis sistem, pengoperasian dan pemeliharaan pusat data, serta pembuatan perangkat pengamanannya.

Tapi Marzan memperkirakan kualitas penayangan hasil perhitungan cepat tak akan maksimal. Alasan dia, waktu persiapan hingga hari pemungutan suara 9 April nanti sangat singkat. "Kami berusaha supaya hasilnya optimal," katanya.

Marzan pun berharap sistem ini tak hanya dipakai pada Pemilu 2009, tapi juga bisa diteruskan hingga Pemilu 2014. Sistem ini, kata Marzan, sebenarnya sudah ada sejak 2004. "Tapi tidak bisa dipertahankan sehingga harus dibangun kembali," ujar dia. PRAMONO

http://www.korantempo.com/korantempo/koran/2009/03/13/Nasional/krn.20090313.159427.id.html
Share this article :

0 komentar: