BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Uni Eropa Janji Cabut Larangan Terbang

Uni Eropa Janji Cabut Larangan Terbang

Written By gusdurian on Sabtu, 17 Januari 2009 | 12.45

JAKARTA (SINDO) – Uni Eropa (UE) berjanji segera mencabut larangan terbang ke Eropa bagi maskapai Indonesia. Janji tersebut disampaikan Kepala Delegasi Komisi Eropa untuk Indonesia Julian Wilson ketika diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kantor Kepresidenan, Jakarta,kemarin.


Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal menuturkan, dalam pertemuan itu Julian menyampaikan kepada Presiden SBY bahwa Komisi Uni Eropa optimistis pencabutan larangan terbang dapat dilakukan paling lambat pertengahan tahun ini. ”Ada dua kemungkinan, yaitu kalau tidak bulan Maret, bulan Juni.

Jadi kita lihat saja,ini tergantung konsultasi teknis antara kedua belah pihak,” ujar Dino di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta,kemarin. Dino mengatakan, pencabutan larangan terbang bagi maskapai Indonesia tidak lepas dari disahkannya Undang-Undang Penerbangan, 18 Desember 2008.

Pengesahan undang-undang itu dianggap oleh UE sebagai suatu perubahan yang dilakukan Indonesia. ”Ditekankan pula bahwa ini adalah masalah teknis, bukan politis,sehingga kalau mau diselesaikan juga harus dengan teknis,”katanya. Dino menuturkan, Presiden SBY menyambut baik rencana pencabutan itu.

Presiden optimistis maskapai penerbangan Indonesia dapat segera beroperasi kembali ke Eropa pada pertengahan tahun ini. ”Presiden mendorong ini harus segera diselesaikan karena sudah cukup lama dan mengganggu penerbangan kita dan mengganggu usaha promosi turis. Jadi beliau ingin agar ini (masalah teknis) diselesaikan,”ujarnya. (rarasati syarief)


http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/205459/38/
Share this article :

0 komentar: