BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Cara Mudah Mencari Caleg

Cara Mudah Mencari Caleg

Written By gusdurian on Minggu, 18 Januari 2009 | 11.54

Cara Mudah Mencari Caleg
Arifin Asydhad - Surat Dari Buncit





Jakarta - Siapa saja calon legislatif (caleg) DPR dan DPD dari daerah asal Anda? Anda dengan mudah bisa menemukannya di detikpemilu (www.detikpemilu.com). Anda bisa mencarinya dari berbagai pintu.

Buka www.detikpemilu.com. Cari dan klik 'caleg' di navigasi bar di bagian atas. Atau anda bisa juga menggunakan space di bagian kanan halaman utama kanal ini yang bertuliskan 'Cari Caleg'. Silakan bereskplorasi mencari caleg DPR dari daerah pemilihan mana pun atau mencari caleg DPD dari provinsi mana pun.

Anda bisa mencari caleg pilihan Anda dari berbagai kategori: dapil (daerah pemilihan), parpol, atau nama sang caleg. Jika Anda hafal hanya nama depan caleg, tidak masalah. Ketikkan saja nama yang Anda hafal di kolom yang disediakan dan klik 'Go'. Daftar nama yang Anda cari akan muncul.

Sebagai contoh, caleg Anda bernama depan 'Megawati'. Maka bila Anda ketik nama 'Megawati' di kolom berdasarkan nama, maka akan muncul ada 4 nama Megawati dari seluruh Indonesia yang menjadi caleg DPR.

Segera kenali caleg Anda, karena Pemilu tinggal 85 hari lagi. Dan untuk urusan berita-berita dan apa saja mengenai Pemilu, detikcom telah meluncurkan kanal khusus detikpemilu sejak 5 Januari 2009 lalu.

Kanal detikpemilu sungguh komprehensif. Anda tak hanya bisa mengikuti breaking news saja, namun juga data-data pendukung yang komplet. Pokoknya benar-benar kaya data.

Pada rubrik PETA misalnya, Anda bisa melihat partai manakah penguasa provinsi-provinsi di Indonesia. Bisa Anda bandingkan peta Pemilu 1999 dan 2004 lalu. Pada 1999, warna merah (PDIP) dan kuning (Golkar) bersaing ketat. Tapi apa yang terjadi pada 2004? Nyaris semuanya kuning! Bagaimana 2009? Penentu 'warna' ada di tangan Anda!

Butuh peraturan/UU terkait Pemilu? Silakan klik di GUDANG DATA. Profil 44 peserta Pemilu 2009 juga bisa Anda klik di PARPOL, ada Hanura hingga Partai Buruh.

Ingin tahu siapa saja caleg/calon senator yang berlaga di kampung halaman Anda untuk tingkat DPR? Mudah sekali. Anda bisa memanfaatkan fasilitas CALEG. Anda bisa mengeceknya berdasarkan daerah pemilihan (dapil) Atau bisa juga Anda memasukkan nama caleg tertentu untuk mengetahui di mana caleg tersebut akan bertarung. Mudah bukan?

http://suratbuncit.detik.com/read/2009/01/14/073757/1067974/238/cara-mudah-mencari-caleg
Share this article :

0 komentar: