BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Subang Kumpulkan Koin untuk Darsem

Subang Kumpulkan Koin untuk Darsem

Written By gusdurian on Rabu, 02 Maret 2011 | 13.23

SUBANG — Nasib Darsem, tenaga kerja Indonesia asal Subang, Jawa Barat, yang lepas dari hukuman pancung tapi harus membayar denda senilai Rp 4,7 miliar, mendapat perhatian dari pemerintah Subang. Mereka berencana mengumpulkan koin untuk menolong Darsem membayar denda gara-gara membunuh majikannya tersebut.

“Pengumpulan koin akan kami mulai Senin pekan depan (7 Maret),” kata Bupati Subang Eep Hidayat saat dihubungi Tempo kemarin.

“Kecuali dari masyarakat umum, koin akan kami kumpulkan dari para pejabat eselon II hingga V dan semua pegawai negeri sipil.” Menurut Eep, jumlah dana yang dibutuhkan sekitar Rp 2,7 miliar lagi. Sebab, sesuai dengan informasi yang didapatkannya, denda yang Rp 2 miliar lainnya sudah ada yang siap membantu, yakni hamba Allah di Arab Saudi.

Ia tak yakin dana sebesar

itu akan terkumpul dengan hanya mengandalkan sumbangan koin dari masyarakat Kabupaten Subang. “Karenanya, kami mengetuk hati masyarakat Indonesia dan pemerintah pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi kelak membantu dana sisanya,” tutur Eep.

Ade Rusmana, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang, mengatakan, uang denda itu harus terkumpul dalam waktu enam bulan.

Ade menjelaskan, Darsem bin Dawud, TKI asal Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara, semula divonis hukuman pancung. “Sebelum terjadi pembunuhan, Darsem sempat akan diperkosa, jadi dia melakukan pembelaan diri,”ujar Ade.

Kasus Darsem mulai disidangkan di pengadilan Riyadh pada medio 2007 dan baru dijatuhi vonis pada 2009. ● NANANG SUTISNA

http://epaper.korantempo.com/KT/KT/2011/03/02/ArticleHtmls/02_03_2011_009_015.shtml?Mode=1
Share this article :

0 komentar: