BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Joke @tifsembiring Buat Risih Tweeps

Joke @tifsembiring Buat Risih Tweeps

Written By gusdurian on Rabu, 02 Maret 2011 | 13.00

MESKI telah menggunakan akun Twitter @ tifsembiring sejak 20 Oktober tif 2009, Menteri Komunikasi dan 20 Informatika (Menkominfo) In Tifatul Sembiring kembali Ti menuai protes.
m Kali ini, akun milik mantan Presiden Partai Keadilan Pr Sejahtera (PKS) itu, kemarin, Se menjadi kontroversi lantaran m dianggap menyinggung di dialek suku tertentu.
di Dalam akun tersebut sempat tertulis, "PSSI itu se bukang perusahaang. Kalau bu sedang diterangkang, coba se dengarkang, penting itu de pengalamang. Mengerti pe kang?...?" tulis @tifsembiring.
ka Tidak lama, sejumlah tweeps yang juga follower-nya tw memberi respons. Ada yang m sekadar me-reply, namun se sebagian besar melancarkan se protes.
pr Kemarin, Ketua Umum Perserikatan Sepakbola Pe Seluruh Indonesia (PSSI) Se Nurdin Halid sedang N mengikuti Rapat Dengar m Pendapat Umum (RDPU) Pe di Komisi X DPR. Nurdin adalah kelahiran Watampone, ad Sulawesi Selatan.
Su Mengetahui respons negatif yang menerpa, ne Tifatul pun meminta maaf dan mengoreksi isi Twitternya. “Maaf jika ada yang tersinggung dengan twit berkait okkots sebelumnya.

Sama sekali tak ada maksud menghina. Sama seperti jika dialek lain ditirukan,” tulisnya.

Dia melanjutkan, “Di kalangan kita selalu ada

ungkapan/joke berkait etnik di Indonesia. Seperti Batak, Padang, dan lain-lain. Itu yang buat jiwa sehat karena kita bisa becermin,” katanya.

Dirinya juga mengaku tidak akan tersinggung dengan joke tentang orang Padang/Batak.

Karena, dirinya yakin tidak

ada maksud menghina, tetapi itu pencerahan bagi siapa pun. Juga untuk saling kenal.

Bagi followers yang telanjur marah, ia meminta untuk saling menenangkan hati.

“Mari kita lihat niatnya.

Saya menghormati semua suku dengan setulus hati.

Sebagai tanda menghormati, saya hapus twit dimaksud.

Yakin, dengan kejadian ini banyak pelajaran yang kita bisa dapat hadapi keragaman di dunia maya. Mari saling memaafkan agar bangsa ini semakin dewasa menghadapi perbedaan. Demikian. Salam damai untuk semua."

Permintaan maaf telah dilayangkan. Akan tetapi, kekesalan di Twitter terus berlanjut. Seperti ditulis pemilik akun @DINOHASAN, “@tifsembiring. Tif saya salah satu kader PKS tp saya gak terlalu suka sepak terjang anda...selalu melakukan hal2 yg ceroboh..dan g penting!” Atau yang ditulis oleh pemilik akun @DianAdrianaa, “Bercanda ada batasnya pak @tifsembiring. Kalau spt itu kita yg ngebaca juga jadi risih.

Itu mah namanya mancing2 orang kesel pak!!” Pengamat sosial media Wicaksono menilai, pernyataan di @tifsembiring dapat dikatakan sebagai tindakan kekerasan tekstual.

“Perlu dipertimbangkan twit seorang Tifatul sebagai Menkominfo tidak mainmain. Tidak selayaknya ia mengeluarkan tweet tidak pantas,” ujar Wicaksono.

Bukan kali ini akun @ tifsembiring dibanjiri kecaman. Termasuk saat Tifatul yang berencana menutup akses browsing milik Research in Motion (RIM)--produsen BlackBerry asal Kanada--di Indonesia, jika perusahaan itu tidak memblokir situs porno.

(Edna Tarigan/P-1)

http://anax1a.pressmart.net/mediaindonesia/MI/MI/2011/03/02/ArticleHtmls/02_03_2011_004_026.shtml?Mode=0
Share this article :

0 komentar: