BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Hillary Melawat ke Jakarta Bulan Ini

Hillary Melawat ke Jakarta Bulan Ini

Written By gusdurian on Jumat, 06 Februari 2009 | 10.37

Hillary Melawat ke Jakarta Bulan Ini
WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Rodham Clinton akan melawat ke Jakarta pada 18 Februari mendatang. Hal ini diungkapkan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla setelah bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Joseph Biden di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, kemarin.

"Saat rapat kabinet, semula Menteri Hillary hanya akan bertandang ke tiga negara, yakni Jepang, Cina, dan Korea Selatan. Tapi Presiden Barack Obama menambahkan agar Indonesia tidak lupa dikunjungi," kata Kalla.

"Dengan begitu, pemerintah Amerika menilai peran Indonesia tak kalah penting, sehingga harus disinggahi," Kalla menambahkan.

Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Sudjadnan Parnohadiningrat menjelaskan bahwa Hillary dijadwalkan untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Nur Hassan Wirajuda dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta.

"Visanya barusan masuk dan sudah kami setujui," kata seorang petugas konsuler Kedutaan Indonesia di Washington.

Pertemuan Kalla dengan Biden adalah pertemuan bilateral pertama di Gedung Putih sejak Obama dilantik 16 hari lalu. "Kami sama sekali tak menduga kalau Anda berinisiatif datang kemari," kata Biden sebagaimana ditirukan Kalla.

Pertemuan itu berlangsung selama 45 menit dan membahas berbagai hal, dari masalah ekonomi hingga Palestina. Selama melawat ke Washington, Kalla juga melakukan pertemuan dengan Senator Christopher Bond, Senator Jim Web, Direktur Intelijen Nasional Dennis Blair, dan sejumlah pelaku bisnis.WAHYU MURYADI (WASHINGTON)



http://www.korantempo.com/korantempo/koran/2009/02/06/Internasional/krn.20090206.155958.id.html
Share this article :

0 komentar: