BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Pemerintah Siapkan Dana Riset Rp400 Miliar

Pemerintah Siapkan Dana Riset Rp400 Miliar

Written By gusdurian on Jumat, 23 Januari 2009 | 10.45

BANDUNG (SINDO) – Pemerintah melalui Kementerian Negara Riset dan Teknologi mengalokasikan dana sebesar Rp400 miliar untuk kegiatan riset dan penelitian.


Dana tersebut akan dibagikan kepada 8.000 peneliti di luar dosen melalui sistem kompetisi. Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) Kusmayanto Kadiman mengatakan dana riset tersebut dianggarkan untuk tahun 2009.

”Karena sistemnya kompetisi, yang mengelolanya nanti adalah Depdiknas,” ujar Menristek di Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung kemarin. ”Jika proposalnya diterima, masing-masing peneliti tersebut akan mendapatkan dana riset sebesar Rp50 juta,” ucapnya.

Menurutnya, terkait pemenuhan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN,Kementerian Ristek mengusulkan kegiatan tambahan pendukung riset. Kusmayanto meminta para peneliti di luar dosen segera mengajukan proposal penelitiannya yang akan dinilai dan diseleksi sesuai persyaratan dan ketentuan dari Departemen Pendidikan Nasional.

”Dana ini telah dialokasikan sesuai DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) 2009 guna mendukung kegiatan riset di Tanah Air,”katanya. Mantan rektor ITB ini menambahkan,dana riset tersebut baru dialokasikan pada 2009 dan diharapkan pada 2010 sudah lebih terstruktur di APBN.

Pemerintah tetap mendukung kegiatan riset tidak hanya di kampus yang melibatkan dosen,tetapi juga bagi para peneliti di luar dosen. Kementerian Ristek menekankan jenis penelitian yang dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Selain itu bisa meningkatkan kualitas dari sisi akademik serta memberi kontribusi bagi perekonomian.

Rektor Unpad Prof Ganjar Kurnia menyatakan, terkait harapan agar caleg diundang dalam kegiatan kampus atau untuk memanfaatkan hasil penelitian dosen,Unpad belum memikirkannya. ”Semua jelas koridornya. Di dalam kampus tidak ada kegiatan politik praktis,”tandasnya. (rohmat)


http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/207179/38/
Share this article :

0 komentar: