BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Pelaku Pencemar Susu Dihukum Mati

Pelaku Pencemar Susu Dihukum Mati

Written By gusdurian on Jumat, 23 Januari 2009 | 10.55

Pelaku Pencemar Susu Dihukum Mati
Seorang lagi divonis hukuman penjara seumur hidup.
BEIJING ---Pemerintah Cina kemarin menjatuhi vonis hukuman mati terhadap dua terdakwa dalam kasus susu melamin di Cina. Adapun seorang lagi dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Terdakwa Zhang Yujun dan Zhang Yanzhang dituduh terlibat dalam produksi bubuk bercampur melamin, yang membuat susu tampak berkadar protein lebih tinggi.

"Bubuk protein" itu kemudian dijual ke perusahaan susu sehingga menyebabkan kematian enam balita dan membuat sakit 300 ribu anak kecil. Dua vonis ini merupakan hukuman pertama yang dijatuhkan berkaitan dengan skandal tersebut. Sedangkan hukuman seumur hidup dijatuhkan kepada General Manager Sanlu Group Tian Wenhua.

Di persidangan, Nyonya Wenhua mengaku bersalah atas dakwaan memproduksi dan menjual produk palsu atau di bawah standar. Perusahaan susu Sanlu Group menjadi titik pusat skandal. Dalam kasus ini, susu ditambahi air guna memperbanyak volume pasokan agar menangguk untung lebih besar.

Mereka dituduh mencoba mengelabui publik dari perbuatan mereka, dengan menambahkan bahan kimia industri, melamin. Skandal ini mulai terkuak September lalu ketika sejumlah bayi, yang mengkonsumsi susu bubuk formula, jatuh sakit dengan gejala gagal ginjal akibat keracunan melamin.

Vonis mati untuk Zhang Yujun adalah hukuman pertama yang dijatuhkan oleh Pengadilan Rakyat Wilayah Shijiazhuang di belahan utara Cina, yang menjadi basis perusahan susu Sanlu. Kantor berita Xinhua menyebutkan Zhang Yujun dituduh membahayakan keselamatan publik dengan menjual susu yang dibubuhi melamin industri.

Ia dituding mengelola tempat kerja ilegal di Provinsi Shandong di belahan timur Cina, yang memproduksi 600 ton bubuk protein palsu dan merupakan sumber melamin terbesar di Cina. Pemerintah Cina yang khawatir akan kemarahan publik atas peristiwa tersebut, sebagaimana dilaporkan BBC, menahan orang tua dari bayi yang menderita sakit.

Salah satu yang ditahan adalah Dong Xiouliang. Ia ditahan oleh pihak berwenang ketika hendak terbang ke Shijiazhuang guna mendengarkan keputusan pengadilan kemarin. "Saya kira saya berhak melihat jalannya sidang. Kami ingin melihat para penjahat itu dihukum," ujarnya.

Katanya lagi, "Kami tidak akan membuat keributan dan mereka sama sekali tidak memiliki alasan untuk menghalangi kebebasan kami." Keluarga para korban skandal mengatakan kurangnya keterbukaan serta korupsi di kalangan pejabat membuat mereka sulit percaya dengan sistem keamanan pangan negeri itu. Mereka cemas kasus ini bakal terulang. AP | AFP | BBC | ANDREE PRIYANTO

SKANDAL PRODUK BERACUN CINA

FEBRUARI 2007: Hasbro menarik 1 juta mainan Easy-Bake buatan Cina setelah laporan luka bakar pada anak-anak.

MARET: Zat kimia melamin ditemukan pada bahan campuran untuk makanan hewan asal Cina di Amerika Serikat. 60 juta kontainer makanan hewan ditarik dari peredaran setelah dilaporkan banyak kucing dan anjing yang tewas.

MEI: Republik Dominika melarang dua produk pasta gigi asal Cina yang diduga mengandung diethylene glycol (DEG), zat beracun bagi manusia dan binatang, karena dapat menyebabkan depresi sistem saraf pusat serta keracunan pada hati. Zat ini yang kerap dicampurkan dalam cairan radiator mobil Anda. Kasus serupa juga ditemukan di Panama dan Australia.

JUNI: Amerika Serikat menghentikan impor lima jenis seafood dari Cina setelah diketahui mengandung obat terlarang dan pestisida.

JULI: Uni Eropa menarik lebih dari separuh (55 persen) produk asal Cina kendati produk impor asal Cina di Eropa hanya menyumbang 6 persen dari total impor.

JULI: Spanyol menarik dua pasta gigi buatan Cina karena mengandung DEG.

AGUSTUS: Perusahaan Inggris, Gilchrist & Soames, menarik peredaran pasta gigi buatan Cina dari hotel-hotel mereka di 17 negara.

AGUSTUS 2008: Meletus skandal susu yang tercemar melamin setelah diketahui sejumlah bayi jatuh sakit, seperti menderita gagal ginjal.

SEPTEMBER: Sanlu Group produsen susu yang mengandung melamin itu menghentikan produksinya.

JANUARI 2009: Dilaporkan enam balita tewas dan 300 ribu anak-anak lainnya menderita sakit.

22 JANUARI: Zhang Yujun dan Zhang Yanzhang, dua petinggi Sanlu Group, dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan Cina. Adapun Manajer Umum Sanlu Group Tian Wenhua dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.



http://www.korantempo.com/korantempo/koran/2009/01/23/Internasional/krn.20090123.154677.id.html
Share this article :

0 komentar: