BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Gagal Manfaatkan Momen

Gagal Manfaatkan Momen

Written By gusdurian on Sabtu, 31 Januari 2009 | 12.26

PELUANG EMAS, Striker timnas Indonesia TA Musafri (atas) melepas tembakan ke arah gawang tanpa mampu dicegah gelandang Australia, Matt Thompson, pada Kualifikasi Grup B Piala Asia 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, tadi malam.


JAKARTA (SINDO) – Timnas Indonesia tak mampu memanfaatkan keuntungan bermain di kandang pada laga Kualifikasi Grup B Piala Asia 2011 tadi malam.

Meski bermain dengan dukungan puluhan ribu penonton yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), skuad Merah Putih harus puas berbagi nilai satu setelah imbang 0-0 melawan Australia. Hasil imbang ini membuat Indonesia untuk sementara mengemas nilai dua dari dua laga.

Pada pertandingan sebelumnya, Charis Yulianto dkk juga bermain tanpa gol melawan tuan rumah Oman di Muscat,Senin (19/1). ”Kami sebenarnya berharap menang, apalagi timnas banyak peluang.Hasil seri sudah bagus. Bagaimanapun Australia tim kelas dunia.Kami akan memanfaatkan waktu yang ada agar bisa mengoptimalkan angka pada pertandingan berikutnya,” ujar pelatih timnas Indonesia Benny Dollo seusai laga.

Seperti diketahui, Socceroos—julukan Australia—bertengger di posisi 29 FIFA, 115 posisi di atas Indonesia yang berada pada urutan 144 dunia. Skema 4-3-3 yang diterapkan timnas tadi malam sebenarnya cukup efektif. Namun lemahnya penyelesaian akhir di kotak penalti Socceroos membuat pertandingan harus berakhir tanpa gol.

Di lain pihak, Socceroos menganggap skor 0-0 merupakan pencapaian maksimal. Pelatih timnas Australia,Pim Verbeek, pun memuji solidnya pertahanan Indonesia. ”Kami kesulitan menembus. Secara keseluruhan mereka bermain bagus,”ujar Verbeek yang puas dengan perolehan satu angka dari SUGBK karena skuadnya tak memiliki banyak kesempatan berlatih bersama.

”Kami senang dengan hasil imbang. Kami tidak kehilangan angka. Pemain banyak melakukan kesalahan. Komunikasi antarpemain tidak berjalan,” lanjut pelatih berpaspor Belanda tersebut. Verbeek memang tak bisa berbuat banyak karena amunisi bintang Socceroos seperti Tim Cahill yang merumput untuk klub Liga Primer Inggris, Everton, tak bisa dimainkan di Kualifikasi Piala Asia.

”Kami tetap tidak bisa menggunakan pemain yang merumput di Eropa. Kami terbentur aturan. Mereka hanya bisa dipanggil untuk Piala Dunia,”ujarnya. (mohammad sahlan/wahyu argia)



http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/208933/38/
Share this article :

0 komentar: