BERITA DARI ANDA UNTUK MEDIA KLATEN

Home » » Peredaran Narkoba

Peredaran Narkoba

Written By gusdurian on Sabtu, 06 Desember 2008 | 10.26

Peredaran Narkoba
Keterlibatan Perempuan Meningkat 1.000 Persen
[JAKARTA] Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Gories Mere mengungkapkan, keterlibatan perempuan dalam peredaran narkoba di Indonesia meningkat 1.000 persen selama tiga tahun (2004 hingga 2007).
Gories menyampaikan data tersebut saat membuka lokakarya Pemberdayaan Perempuan dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba yang diselenggarakan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) bekerja sama dengan BNN, Kamis (4/12) di Jakarta. Lokakarya diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-80 yang jatuh pada 22 Desember.
Menurutnya, tak satu pun provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan yang bebas dari peredaran narkoba. Berdasarkan hasil penelitian pencegahan pemberantasan penyalahgunaan, peredaran gelap narkoba (P4GN), pada tahun 2004 jumlah perempuan pengedar dan pemakai narkoba 1.060, tahun 2005 sebanyak 1.734, pada 2006 sebanyak 6.344, dan hingga Juni 2007 sebanyak 10.270.
"Tidak dapat dimungkiri bahwa penyalahgunaan narkoba di kalangan perempuan terus meningkat, juga kecenderungan munculnya dampak buruk yang lebih mengerikan semakin nyata, terutama bila dilihat dari cara pemakaian narkoba yang berganti-ganti," ujarnya.
Dikatakan, tingginya peningkatan keterlibatan perempuan dalam peredaran narkoba disebabkan beberapa faktor, di antaranya globalisasi, ekonomi, dan pendidikan di tingkat keluarga. Saat ini, ada lima perempuan asal Indonesia yang divonis hukuman mati di Tiongkok. Proses hukum terhadap kelimanya masih berlangsung. Biasanya, menurut Gories, para perempuan Indonesia itu dipacari bandar dan pengedar narkoba, kemudian dijadikan kurir. [N-4]
Share this article :

0 komentar: